40 Produk UMKM Nagekeo Ramaikan Pameran UMKM Labuan Bajo

Labuan Bajo – Sebanyak 40 produk Kelompok UMKM Nagekeo Bangkit dari Kabupaten Nagekeo ikut meramaikan pameran UMKM di Waterfront City Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

“Kami berkomitmen untuk mengangkat 40 produk lokal ini untuk dikenal dalam berbagai pameran di luar Kabupaten Nagekeo,” kata Ketua Kelompok UMKM Nagekeo Bangkit Ening Sunga di Labuan Bajo, Selasa, (10/5).

Kelompok UMKM Nagekeo Bangkit terdiri dari 16 orang. Mereka memiliki berbagai produk diantaranya minyak kelapa, aneka kopi, aneka kerupuk, aneka keripik, olahan jagung, produk kerajinan tangan, parang, dan topi motif. Semua produk itu dipasarkan dalam Pameran UMKM yang diselenggarakan oleh Asosiasi Seniman Tari Indonesia hingga 11 Mei 2022.

Ening mengatakan kehadiran mereka dalam pameran itu untuk memperkenalkan produk lokal Nagekeo yang menjadi kekhasan daerah mereka. Komitmen mengangkat produk lokal mereka nyatakan dengan terlibat aktif dalam setiap kegiatan. Pameran UMKM di Labuan Bajo ini pun merupakan pameran yang pertama kali mereka ikuti di luar Kabupaten Nagekeo.

“Ini pertama kalinya kami ikut pameran di luar Nagekeo dan yang terjauh,” ucap dia.

Ening optimis keaktifan mereka dalam meramaikan pameran-pameran akan semakin memperluas jangkauan pasar bagi mereka. Dia berharap semakin banyak orang yang melihat dan mengenal produk mereka.

Kehadiran pelaku UMKM dari luar Manggarai Barat mendapatkan respon positif dari Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng memberikan apresiasi atas kehadiran berbagai produk dalam pameran UMKM itu. Menurut Weng, NTT memiliki banyak produk lokal yang menjadi aset bagi daerah. Dia pun berbangga karena produk lokal tentunya sejalan dengan harapan pemerintah pusat yang terkenal dengan tagar Bangga Buatan Indonesia.

“Kita harus fokus produk lokal dan bangga dengan buatan kita sendiri,” kata Weng menegaskan. (Ant)