Bupati Kupang dorong petani maju mandiri bangun pertanian

Kupang – Bupati Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Korinus Masneno mendorong para petani di daerah setempat untuk siap maju dan mandiri secara revolusioner dalam membangun sektor pertanian.

“Para petani harus siap untuk maju dan mandiri dengan bekerja secara revolusioner dalam membangun sektor pertanian untuk peningkatan kesejahteraan,” kata Bupati Kupang, Korinus Masneo, dalam rapat teknis penyuluh pertanian sekaligus konsolidasi kelembagaan tani tingkat Kabupaten Kupang Tahun 2022 di Oelamasi, Jumat, (1/7/2022).

Ia mengatakan, para petani di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse Timor Leste itu agar selalu optimis untuk bangkit dan berjuang dalam membangun sektor pertanian yang menjadi salah tulang punggung perekonomian masyarakat.

Bupati Korinus Masneno menambahkan, Pemerintah bersama DPRD selalu sama-sama bekerja membangun kolaborasi untuk melihat berbagai kebutuhan masyarakat petani.

Dia juga mengajak para petani dari generasi milenial untuk bekerja secara militan dalam membangun sektor pertanian di Kabupaten Kupang.

Korinus Masneno mengakui pembangunan bisa berlangsung dengan sukses karena adanya kontribusi petani dalam membangun sektor pertanian.

“Kami minta semua petani untuk teruslah belajar dan lakukan konsolidasi antar semua pihak demi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan daerah Kabupaten Kupang dalam mengembangkan produksi pertanian, sehingga hasil usaha pertanian semakin melimpah dan berkualitas karena Pemerintah hanya tugas memotivasi dan memfasilitasi, mau jadi baik itu dari diri sendiri,” kata Bupati Korinus Masneno.

Bupati Korinus Masneo juga berharap para petani untuk memanfaatkan sarana dan prasarana pertanian, secara efektif dan adanya pengawasan intensif dari Dinas Pertanian sehingga pengorganisasian dapat bermanfaat bagi kelompok dan tidak untuk kepentingan perseorangan.

Pada kesempatan ini, Bupati Kupang, Korinus Masneno menyerahkan cendera mata kepada empat orang purnabakti penyuluh pertanian, serta penyerahan bantuan pekarangan pangan lestari kepada Kelompok Tani Taruna Muda, Desa Raknamo, Kecamatan Amabi.

Selain itu juga dilakukan penyerahan alat dan mesin pertanian secara simbolis kepada tiga kelompok tani perwakilan yaitu kelompok tani Sehati, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Kupang Timur diberikan bantuan hand tractor, kelompok tani Satu Hati, Desa Oeteta, Kecamatan Sulamu bantuan alat pembersih gulma dan Poktan Nunlopon, Desa Netemnanu Selatan, Kecamatan Amfoang Timur berupa bantuan alat perontok padi. (Ant)