2.451 Surat Suara Untuk Kota Kupang Ditemukan Rusak

Kupang, – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang menemukan sekitar 2.451 surat suara rusak sehingga tidak layak digunakan pada pelaksanaan pemilu serentak 2019 di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

“Surat suara yang rusak itu ditemukan saat petugas KPU Kota Kupang melakukan penyortiran terhadap surat suara yang dikirim dari KPU Pusat,” kata Juru bicara KPU Kota Kupang Welly Novianti A Hayer di Kupang, Selasa (26/3).

Ia mengatakan sebanyak 2.451 surat suara yang rusak itu terdiri dari surat suara untuk Pemilu Presiden, DPD, DPR-RI, DPRD Provinsi.

“Kami sudah ajukan permintaan ke KPU Pusat untuk mengganti surat suara yang rusak itu,namun sampai sekarang belum juga ada jawaban, padahal pemilu semakin mendekat,” kata Welly.

Menurut dia, KPU Kota Kupang membutuhkan sebanyak 257.660 surat suara berdasarkan data jumlah pemilih tetap di daerah ini.

Namun, setelah KPU Kota Kupang melakukan penyortiran terhadap logistik pemilu 2019 selain menemukan surat suara yang rusak juga menemukan adanya kekurangan surat suara untuk calon Presiden sebanyak 489 surat suara.

“KPU Pusat hanya mengirim 257.171 surat suara sedangkan jumlah pemilih sebanyak 257.660 orang sehingga masih terdapat kekurangan 489 surat suara khusus untuk surat suara Presiden,” ujarnya.

Dikatakannya total surat suara yang perlu dilakukan penggantian karena rusak dan kurang kirim untuk Kota Kupang sebanyak 2.940 surat suara.

“Kami berharap KPU Pusat bisa secepatnya kirimkan pengganti surat suara yang rusak maupun yang kurang kirim untuk surat suara calon Presiden,” kata Welly. (Ant)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here